Kam. Feb 29th, 2024

49 Desa di Lamsel Mendapatkan Dana Desa (DD) Tambahan,ini Pesan Kadis DPMD

By kontannews Okt 5, 2023

Lampung Selatan kontannews.com,-Sebanyak 49 desa dari 15 kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menerima tambahan dana desa (DD) tahun 2023 sebesar Rp133,823 juta setiap desanya.

Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamsel Erdiyansyah,SH.MM mengungkapkan penambahan Dana Desa (DD) ini merupakan implikasi dari PMK Nomor 98/PMK.07/2023 tentang Perubahan PMK Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa

“Tambahan dana desa ini sebagai insentif kepada desa yang memiliki kinerja terbaik yang penilainya dari pusat langsung,” tutur “Erdiyansyah” di ruang kerjanya, Rabu 4 Oktober 2023.

Erdiyansyah,SH.MM menjelaskan, ada dua kategori dalam pemberian tambahan dana desa ini, yakni kategori kinerja pemerintahan desa dan kategori penghargaan pemerintahan desa dari kementerian.“Tambahan dana desa ini juga dapat menjadikan pemacu desa lebih kompetitif dan juga sebagai sebuah prestasi,” imbuhnya.

“Erdiyansyah” berujar, alokasi Dana Desa (DD) tambahan ini prioritas pembangunan serta mencegah dampak dari fenomena alam El Nino.

Menambahkan, Kepala Bidang Ekonomi dan Pengelolaan Keuangan Desa DPMD, M.Iqbal Fuad S.STP menyebutkan penyaluran tambahan dana desa ini di tahun anggaran berjalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Pasal 21 dan ayat (2) PMK 98/2023, dilakukan secara sekaligus paling cepat bulan September 2023.

Pemerintah Desa yang mendapatkan tambahan Dana Desa melakukan perubahan APBDes sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

“Salah satu persyaratan dalam pengajuan penyaluran tambahan Dana Desa (DD) adalah surat pernyataan Kepala Desa terkait komitmen penganggaran tambahan Dana Desa dalam APBDes,” pungkas Iqbal.(FH)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *