Ming. Feb 25th, 2024

SMP Negeri 2 Katibung Wacanakan Giat Bercocok Tanam Program P5 Kurikulum Merdeka di Lingkungan Sekolah

By kontannews Agu 7, 2023

Lampung Selatan,Kontannews.com-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Katibung Wacanakan Giat bercocok tanam dilingkungan sekolah dalam program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kurikulum Merdeka Senin 07 Agustus 2023.

Dalam hal wacana bercocok tanam dilingkungan sekolah ini,semua siswa dan guru memulai dalam bergotong royong membersihkan lahan halaman sekolah untuk dipersiapkan dalam bercocok tanam nantinya.

Zain Alyan,S.Pd,PLH Kepala SMP N 2 Katibung menjelaskan,wacana bercocok tanam ini salah satu dari program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk meningkatkan keterampilan dan kreatifitas siswa dalam bercocok tanam dalam beberapa jenis tanaman.

“wacana bercocok tanam ini kita ambil dari salah satu program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mana dalam kegiatan ini nantinya untuk menambah pengetahuan dan keterampilan siswa dalam bercocok tanam,mulai dari menanam sayuran dan buah”ujar Zain wakil kepala sekolah,saat ditemui di ruang kerjanya.

Selain dari pada itu “Zaen Alyan,S.Pd berharap hasil panen dari bercocok tanam ini nantinya akan di bagikan oleh masyarakat sekitar dan sebagian akan di pasarkan supaya ada perpiutaran untuk dibelikan pupuk dan obat tanaman.

“Harapan kita Selain dari pada bentuk keterampilan siswa tentunya juga bila hasil panen bercocok tanam ini kita bagikan ke beberapa masyarakat dilingkungan sekolah dan sebagian bisa kita pasarkan untuk perputaran membeli pupuk dan obat tanaman” Tambah zaen wakil kepala sekolah tersebut.

Saat di jumpai media ini di lokasi bercocok tanam “Ernaeni, S.Pd” Selaku Ketua Pelaksana Kurikulum Merdeka juga mengatakan kegiatan bercocok tanam ini akan mulai di terapkan pada awal bulan September mendatang dan akan dilakukan setiap hari Sabtu di ambil waktu satu jam dari jam belajar siswa.

“untuk Program P5 ini salah satu nya kita ambil dalam bercocok tanam mas,untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam kurikulum merdeka,kita mulai bercocok ini di di awal bulan September mendatang dan terapkan setiap hari Sabtu,satu jam waktu kegiatan,kita ambil dari jam kelas” Ujar nya.

Secara umum terkait dengan kepanjangan P5, dapat dipahami bahwa P5 merupakan upaya mewujudkan generasi peserta didik mendatang yang berperilaku berdasarkan prinsip-prinsip Pancasila.

Hal ini sekaligus menjadi sarana dalam pencapaian profil Pelajar Pancasila.
Adapun enam dimensi dari Profil Pelajar Pancasila, meliputi:

1.Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
2.Berkebinekaan global.
3.Bergotong-royong.
4.Mandiri.
5.Bernalar kritis.
6.Kreatif. (Feki).

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *