Ming. Feb 25th, 2024

Hari Kedua Sosialisasi IPWK, M Akyas dan Rycko Sapa Warga Desa Karang

By kontannews Mar 21, 2023

Kontannews.com — Anggota DPRD Lampung Selatan dari Fraksi PKS yang duduk kursi komisi I, Mohamad Akyas kembali menyapa warga dalam rangka mensosialisasikan Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) di hari Kedua yang dipusatkan di Desa Karang Sari Kecamatan Jatiagung, Senin (21/3/2023)

 

Menurutnya Pemahaman terhadap Pancasila dan Wawasan Kebangsaan saat ini sangat penting sebagai landasan kehidupan sehari-hari.

 

Dijaman Perkembangan teknologi saat ini yang semakin masif, ini salah satu potensi dan ancaman bagi generasi penerus jika tidak pandai memilah dan memilih cara menggunakannya.

 

“Saat ini sering terjadi aktivitas permasalahan sosial yang mengarah kepada potensi konflik, intoleransi dan lunturnya jiwa kebangsaan.”ujarnya.

 

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Karang Sari itu dihadiri Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Lampung, Rycko Menoza SZP yang juga mantan Bupati Lampung Selatan periode 2010-2015 selaku narasumber, kepala Desa Romzi dan perangkat desa, tokoh Masyarakat tokoh agama, tokoh pemuda dan ratusan peserta sosialisasi IPWK serta para tamu undangan. Tampak sejumlah Panwaslu tingkat Desa setempat.

 

Dikatakan Ada 4 Pilar yang menjadi dasar negara dan wajib diketahui oleh para generasi muda serta seluruh warga Indonesia.

 

“Diantaranya Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,”ujar anggota komisi I DPRD Lampung Selatan Dapil V Kecamatan Jatiagung itu.

Lebih lanjut disampaikan, untuk itu kemerdekaan yang telah kita nikmati saat ini harus dijaga, diisi dengan menjaga semangat kebersamaan, sekaligus menghargai perbedaan yang ada, dan membisakan hidup bergotong royong untuk mempererat silaturahmi antarwarga.

 

“Tinggal bagaimana sekarang kita menghargai kemerdekaan dengan manfaatkan waktu, rezeki, pikiran yang kita punya bukan untuk kepentingan diri sendiri, tapi juga kepentingan seluruh masyarakat untuk mendapatkan generasi penerusnya yang berkualitas secara ilmu pengetahuan dan ilmu agama,” kata Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung Selatan itu.

 

Sementara itu dalam materinya Rycko Menoza mengatakan. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

“Pancasila memiliki banyak Kedudukan dan Fungsi bagi bangsa Indonesia. Pada dasarnya, Pancasila dapat menjawab setiap problematika yang ada, karena Pancasila merupakan dasar falsafah negara Indonesia yang merupakan sebuah sistem nilai kebaikan universal yang bisa diterapkan dalam konteks apapun baik pada masa hari ini, besok, dan masa yang akan datang.”kata Ketua Pemuda Pancasila Provinsi Lampung itu.

 

“Sekarang jamannya kalau orang bilang era milenial iya kan..!Apa-apa serba teknologi. Di satu sisi itu bisa menjadi sebuah hal yang positif, ketika kita mampu memanfaatkannya untuk sesuatu yang positif dan bermanfaat. Namun di sisi lain, perkembangan teknologi juga bisa berdampak negatif.”tegasnya.

 

Diharapkan materi yang disampaikan dapat diserap dengan baik agar menjunjung tinggi Ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Saya berharap dengan adanya pertemuan hari ini dapat memberikan pemahaman kita terkait kewajiban dan tanggung jawab selaku warga negara untuk bersama-sama menjaga nilai-nilai Pancasila di dalam setiap aspek kehidupan.

 

“Semoga kegiatan pada hari ini dapat memperkuat jiwa nasionalisme dan karakter kebangsaan, serta mewujudkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan”. pungkasnya.(Ac9)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *