Kepala Desa Tanjung Baru, Helmi Yusuf menerangkan, di Desa Tanjung Baru terdata 153 KPM penerima BLT DD. Pada Rabu, (09/11/2022) lalu Pemdes telah membagikan BLT DD kepada 141 KPM yang dibayarkan tiga bulan sekaligus bulan Oktober sampai Desember, yang masing-masing KPM menerima bantuan sebanyak Rp900 ribu.

“Dari total 153 KPM yang ada, Rabu kemarin saat pembagian di Kantor Desa, baru 141 KPM yang datang mengambil BLT DD, sementara 12 KPM berhalangan hadir karena sakit,” bebernya.

Ia merinci, dari 12 KPM yang belum menerima BLT DD, 4 KPM merupakan warga Dusun Tegal Sari, 1 KPM warga Dusun Talang Ulu, 1 KPM warga Dusun Balangandang, 3 KPM warga Dusun Sakal, dan 3 KPM warga Dusun Waylaga.

Oleh karena itu, lanjut Helmi, ia bersama aparatur desa Tanjung Baru dan didampingi Kadus masing-masing warga penerima bantuan berinisiatif mengantarkan langsung BLT DD ke rumah KPM agar tepat sasaran.

“Karena memang Pemdes membuat kebijakan pengambilan BLT DD tidak boleh berwakil, tujuannya agar BLT DD tepat sasaran, jadi hari ini kita antar langsung ke rumah penerima BLT DD yang kemarin berhalangan datang karena sakit,” imbuhnya.

Ia juga berpesan kepada warganya untuk bisa membantu membeli kebutuhan pokok serta kebutuhan sehari-hari lainnya.
“Semoga bisa bermanfaat dengan adanya BLT-DD ini, serta bisa sedikit meringankan beban warga,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Helmi juga menerangkan kepada KPM, untuk tahun depan BLT DD sudah tidak lagi diberikan, mengingat BLT diberikan kepada warga yang terdampak Covid 19. Namun ia tetap akan mengupayakannya lewat bantuan lainnya.

“Untuk diketahui warga, tahun depan tidak lagi ada BLT DD, jangan sampai nanti warga berasumsi negatif terhadap pemdes jika tahun depan tidak lagi menerima BLT DD,” sebutnya.

 

Sementara itu, Yayat (52) warga Dusun Talang Ulu, salah seorang KPM penerima bantuan menyampaikan ucapan terimakasihnya telah diantarkannya bantuan oleh Kades langsung, ia mengaku tidak bisa mengambil BLT DD langsung karena sejak lama mengalami stroke.

“Alhamdulillah dapat bantuan dan diantarkan langsung pak Kades ke rumah. Saya bersyukur lah mas, karena memang sudah empat tahun saya tidak bekerja karena stroke, jelas amat membantu,” ucapnya terbata-bata.

Senada diutarakan Tuminem, (80) warga Dusun Way Laga. Ia mengaku setahun terakhir sudah tidak bisa berjalan karena patah tulang rusuk akibat terjatuh. Ia mendoakan Kades dan berharap terus menerima bantuan.

“Makasih pak Kades udah ngasih bantuan, semoga pak Kades sehat selalu. Mudah-mudahan sih bisa terus dapet bantuan mas,” harapnya.

Seirama dengan itu disampaikan Johani (65) warga Dusun Way Laga, ia mengaku kaget, bahkan sampai berurai air mata disambangi Kades dan menerima bantuan.

“Enggak nyangka pak Kades dateng ngasih bantuan. Baru kali ini Kades yang mau peduli dengan warganya, sampai nganterin langsung ke rumah,” katanya seraya berkaca-kaca.

Pantauan dilokasi, pemberian BLT DD dimulai dari KPM di Dusun Tegal Sari berlanjut ke Dusun Talang Ulu, lalu Way Laga, Balangandang dan berakhir di Sakal.(*)

Laporan: Rahmat Adi W
Editor: Ibrahim Hayat