Ming. Feb 25th, 2024

Puluhan Rumah Dan Lahan Pertanian Terendam Banjir

By kontannews Okt 26, 2022

Lampung,Kontannews.com-Hujan deras yang mengguyur sejak Rabu malam, 26 Oktober 2022, hingga Kamis dini hari, 27 oktober 2022, membuat Sungai Way Sulan meluap sehingga merendam belasan rumah dan puluhan hektare sawah di Kecamatan Way Sulan, Lampung Selatan. Ketinggian air yang mencapai 57 sentimeter merendam puluhan rumah di Desa Talang, Way Sulan. Sedangkan lahan yang terendam banjir mencapai 40 hektare di Desa mekarsari.

Menurut salah warga Oji (37), hujan deras mengguyur sejak Kamis malam yang mengakibatkan air luapan Sungai Way Sulan mengalir ke permukiman warga mulai Kamis pagi hari ini .

“Pas tengah malam hujan deras, tapi banjirnya mulai tadi pagi,” ujarnya.
Warga yang rumahnya kebanjiran langsung menyelamatkan perabotan rumah tangga, sedangkan warga lainnya mencari tempat pengungsian.

“Sejak pagi saya dan istri nyelamatin perabotan, sedangkan anak anak diungsiin,” ujarnya.

Kades talang Way Sulan, Dawud , menjelaskan rumah dan sawah yang terendam, air akibat hujan semalam di Desa talang way sulan membuat belasan rumah di desa kami terendam air.

“Tidak ada korban jiwa, sedangkan kerugian masih diinventarisasi,” ujarnya.

Sementara di Desa Mekarsari , belasan hektare tanaman padi, jagung, dan cabai terendam banjir dari luapan Sungai yang ada di Mekarsari . Air menggenangi belasan hektare lahan tanaman tersebut sejak tengah malam dan belum beransur surut hingga pagi ini,”ujar kepala Desa mekar sari Miftah Hudin.

“Alhamdulillah banjir dan tidak ada korban jiwa ,kalo padi memang sudah selesai Panin saya masih nunggu info dari para kelompok tani kemunkinan yang terendam kedelai dan jagung ,” kata Kepala UPT Dinas pertanian Kecamatan way sulan Elwin Susiani.

Dia menjelaskan seluruh tanaman yang terkena banjir akan mati apabila terendam air lebih dari lima hari. “Tanaman masih hidup kalau terendam air sebentar atau tidak lebih dari lima hari,”pungkasnya.(Acg).

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *