Ming. Feb 25th, 2024

Gladi Bersih Lomba Desa, Nanang Optimis Bumidaya Juara Tingkat Provinsi

By kontannews Jun 26, 2023

Kontannews.com– Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto optimis Desa Bumidaya, Kecamatan Palas dapat meraih juara lomba desa tingkat provinsi tahun 2023.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Lampung Selatan saat menghadiri gladi bersih dan evaluasi penilaian lomba desa tingkat Provinsi Lampung tahun 2023, di Lapangan Desa Bumidaya, Kecamatan Palas, Minggu (25/6/2023).

Nanang menyampaikan, bahwa dirinya sangat optimis Desa Bumidaya bisa menjadi juara tingkat provinsi pada lomba desa tingkat Provinsi Lampung tahun 2023.

Sebab kata Nanang, Desa Bumidaya merupakan desa yang memiliki berbagai program unggulan dan inovasi yang tidak dimiliki oleh desa-desa lain di Kabupaten Lampung Selatan bahkan di Provinsi Lampung.

“Desa Bumidaya ini punya program unggulan, seperti Desa Inklusi Keuangan dan Desa Nabung Saham. Memiliki berbagai inovasi salah satunya pemberdayaan eks pekerja migran, dimana Desa Bumidaya terdapat banyak sekali warganya yang bekerja sebagai TKI,” Kata Nanang.

Nanang juga menyampaikan, Desa Bumidaya juga terdapat BUMDES yang memiliki berbagai bidang usaha dan memiliki omset yang cukup besar.

Selain itu, di Desa Bumidaya juga terdapat produsen abon berbahan dasar Ikan Lele dan Patin yang sudah bersertifikasi Halal yang dikemas dengan baik serta memiliki pasar yang cukup luas.

“Berbagai keunggulan ini yang mendasari Desa Bumidaya layak untuk menjadi pemenang pada lomba desa tingkat Provinsi Lampung tahun 2023,” ujar Nanang penuh optimis.

Dalam kesempatan itu, tak lupa Nanang menyampaikan ucapan terimas kasih kepada masyarakat yang selalu kompak dan bersedia dibina dalam rangka lomba desa tingkat provinsi.

“Terima kasih bapak ibu telah melakukan serangkaian latihan-latihan. Besok finalnya di evaluasi seluruh rangkaian kegiatannya. Tentunya kita ingin apa yang telah kita lakukan selama ini bisa membuahkan hasil, menjadi juara tingkat provinsi,” ujar Nanang.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, dirinya sengaja menyempatkan keliling desa untuk melihat kesiapan Desa Bumidaya menghadapi penilaian pada, Senin, 26 Juni 2023 besok.

“Saya cukup puas melihat kondisi Desa Bumidaya ini. Ada perubahan cukup signifikan setelah dibina tim masing-masing dari organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten,” kata Nanang.

Di akhir arahannya, Nanang berpesan agar penilaian lomba desa ini tidak hanya seremonial dan mengejar predikat juara saja, tetapi ada hasil yang konkret untuk masyarakat Desa Bumidaya.

“Kita tidak perlu hanya mengejar menjadi juara, tetapi bagaimana gotong royong dan kekompakan masyarakat yang sudah baik ini untuk terus dapat berjalan. Artinya harus ada hasil dari pembinaan beberapa bulan ini, bukan hanya seremoni,” imbuh Nanang.

“Para kepala OPD juga harus sering turun ke tengah-tengah masyarakat di desa untuk melakukan pembinaan. Bukan hanya ketika ada lomba saja,” tukas Nanang menambahkan.

Sementara itu, nampak hadir juga mendampingi bupati dalam gladi bersih lomba itu, Asisten Bidang Administrasi Umum, Badruzzaman serta para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, camat dan uspika Kecamatan Palas, kepala desa beserta unsur aparat desa.(Kominfo Lamsel).

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *