Ming. Feb 25th, 2024

Forkorindo Bakal Adukan SDN 3 Baru Raja Bungin Perihal Dugaan Mark Up Dana BOS

By kontannews Mar 28, 2023

Sumsel,Kontannews.com-DPC, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Komunikasi Rakyat Indonesia (Forkorindo) Sumatera Selatan (Sumsel), menyoroti realisasi penggunaan dana operasional sekolah (BOS) Tahun anggaran (TA) 2020, 2021, dan 2022 di SDN 3 Batu Raja Bungin, Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Ogan Komring Ulu Timur (Okut) Sumatra Selatan (Sumsel), yang terindikasi adanya penggelembungan anggaran (Mark Up).

Menurut Ketua DPC OKU T ,provinsi Sumsel Komarudin, berdasarkan kajian tim konsultan dari FORKORINDO pada sejumlah program yang dilaksanakan sekolah diduga kuat telah terjadi mark up.

Ia mencontohkan, pada tahap 1 TA 2020 program yang diduga telah di mark upa diantaranya, kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler senilai Rp 12 juta lebih, administrasi kegiatan sekolah
senilai Rp 19 juta lebih.

Untuk tahap kedua program ekskul sebesar Rp 32 juta lebih dan administrasi kegiatan sekolah sebesar Rp 16juta lebih.

Sedangkan untuk tahap ketiga, dianggarkan program ekskul sebesar Rp 8 juta lebih dan administrasi kegiatan sekolah Rp 13 juta lebih.

“Ya berdasarkan kajian tim konsultan kami kedua item itu terindikasi telah di mark up pihak sekolah,” kata Komarudin, Selasa (28/03/2023).

“Kalau dirinci angkanya mencapai ratusan juta rupiah, dugaan mark up diperkirakan sebesar 20 persen, jadi indikasi kerugian negara pun tidak sedikit,” timpalnya lagi.

Atas temuan itu, pihaknya menegaskan akan melaporkanya ke penyidik Polda Sumsel untuk ditindaklanjuti.

Namun Komarudin, enggan merinci kapan akan diteruskanya laporan itu, ia hanya menjanjikan akan dibeberkan setelah dikirimkan laporan.

“Nanti saja setelah kami kirimkan laporan akan kita undang rekan-rekan media untuk konfrensi pers,” ucapnya.

“Sebab selain ada indikasi markup ada dugaan yang fiktik terkait realisasi anggaran dana BOS jadi setelah kita laporkan baru aka kita beberkan semua di muka publik.”tegas Komarudin.(Ri/ibr)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *