Camat Bakauheni Gelar Pelatihan dan Pembinaan Linmas se-Kecamatan Bakauheni Tahun 2024

By kontannews Okt 23, 2024

Kontannews.com – Lampung Selatan – Camat Bakauheni Furqonudin membuka secara resmi kegiatan pelatihan dan pembinaan Perlindungan Masyarakat ( Linmas  ) Tahun 2024 yang di laksanakan di Balai Desa Hatta Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan. Rabu (23/10/2024).

Acara tersebut di hadiri Babinsa Koramil 421-03/Pnh Sertu Sugianto,  Bhabinkamtibmas Polsek Penengahan Aipda Hartanto serta di ikuti linmas dari 5 Desa se Kecamatan Bakauheni.

Camat Furqonudin dalam sambutannya menyampaikan hal hal penting bagaimana peran aktif Linmas di Desa dan masyarakat.

“Linmas ini tidak bisa dilihat pekerjaannya biasa biasa saja, tapi mempunyai pekerjaan dan tanggung jawab yang besar bagaimana untuk menjaga keamanan dan ketertiban di desa atau di dusun wilayah nya”. Jelasnya

Furqonudin juga mengingat semua Linmas dapat turut serta dalam bekerja mensukseskan Pilkada serentak 2024 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan di wilayah ( TPS ) nya dapat menciptakan ketertiban dan keamanan.

“Linmas memiliki tanggung jawab menjaga dan mengamankan di TPS masing masing pada pemilihan 27 November 2024, nanti pekerjaan Linmas juga akan di baeckup oleh bapak bapak TNI-POLRI. Dimasa Pilkada ini kita jangan sampai mudah terprovokasi dengan hal hal  yang membuat suasana tidak kondusif di masyarakat dan bisa meredamnya”. Pesan Furqonudin.

Dalam kesempatan itu, Babinsa sertu Sugianto turut memberikan pemaparan apa pengertian dan tupoksi dari seorang Linmas yang mengacu Permendagri No 10 tahun 2009

Linmas adalah warga masyarakat yang dibentuk di bina untuk bisa menangani bencana alam atau mencegah bencana alam berbuat keamanan di desa, kegiatan kegiatan sosial.

“Itu yang akan kita jalankan dari sekarang dan kedepan. Jadi seorang linmas itu benar benar kita yang berjiwa sosial”. Ucap Sertu Sugianto

Ia juga menjelaskan bagaimana struktur Linmas di Desa berdasarkan aturan.

“Dalam setiap desa ada satu Danton (Komandan Peleton) Linmas, dua Danru  ( Komandan Regu ) Linmas, bahkan pak Kades juga selaku Kasad Linmas di Desa, selain ia sebagai Kepala Desa”. Terang Sertu Sugianto.

Sementara Babinsa Aipda Hartanto mengatakan ia mewakili Polsek Penengahan meminta kerjasama dan peran aktif komunikasi para linmas ke pihak kepolisian.

“Dalam kesempatan ini juga, kami dari Polsek Penengahan mohon bantuan bapak/ibu linmas selain pengamanan lingkungan. Kami mengharapkan linmas dapat menguasai lingkungan seperti data data, alamat,  pendatang baru dengan bekerja sama Kadus/RT jangan sampai tidak mengetahui ada pendatang baru di wilayah supaya komunikasi kita berjalan. Kami harapkan kedepannya kita dapat bekerjasama untuk menjaga lingkungan masing masing umumnya di Kecamatan Bakauheni “. Pungkas Aipda Hartanto.

Selanjutnya seluruh Linmas mengikuti pelatihan PBB yang dilaksanakan di lapangan Desa Hatta denga di komandoi Babinsa dan Bhabinkamtibmas. (*/Red)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *